Sekedar informasi saja :V Comedy,drama,horror,game,dll

 .
  • 9 Teknik Hacking yg wajib kamu ketahui
  • Free Submission URL lengkap
  • Submit Blog ke Direktory free lengkap
  • Slider dan Jquery widget untuk blogger
  • Widget for Blogger
  • Artikel Blogger
  • Mobile and Download Apps
  • Get Money / Affiliate Iklan
  • Related Posts Widget for Blogger
  • Recent Posts Widget for Blogger
  • Popular Posts Widget for Blogger
  • Kumpulan Tips dan Triks
  • Indikator Forex dan Template lengkap

Thursday, November 10, 2016

Pelatihan Simulasi Digital

Pelatihan Simulasi Digital


Pelatihan Simulasi Digital dilaksanakan dalam dua bentuk, yaitu:
  1. Pelatihan Terbuka
Konsep dalam pelatihan terbuka adalah kompetensi Simulasi Digital dapat dipelajari oleh siapa saja, baik siswa, guru, mahasiswa, dosen, maupun masyarakat umum. Materi Simulasi Digital juga dapat dipelajari melalui mekanisme apa saja, baik pelatihan singkat, pelatihan online, maupun belajar mandiri melalui buku sumber Simulasi Digital, maupun referensi lain yang tersedia di internet. Siapa saja yang telah mempelajari materi Simulasi Digital dapat membuktikan kompetensi yang telah dikuasainya melalui sertifikasi Simulasi Digital.
Untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi Simulasi Digital, setiap peserta harus mengumpulkan 5 sertifikat subkompetensi dari Simulasi Digital. Setelah melalui proses verifikasi, maka peserta harus menyelesaikan strategi pembelajaran dan menyempurnakan hasil karya yang merupakan bagian dari pelatihan tersistem untuk mendapatkan sertifikasi kualifikasi guru.
2. Pelatihan Tersistem
Dalam pelatihan tersistem, peserta adalah calon guru mata pelajaran Simulasi Digital. Untuk dapat mencapai sertifikasi kualifikasi guru mata pelajaran Simulasi Digital, peserta diharapkan menguasai kompetensi SIMDIG dan strategi pembelajaran SIMDIG di SMK, yang pelatihannya dilaksanakan dengan model blended learning yaitu diawali dengan pelatihan tatap muka berdurasi +- 50 jam, yang dilanjutkan dengan pelatihan online, dan juga praktik mandiri untuk mengembangkan hasil karya sesuai dengan program keahlian.
Jenis Pelatihan
Untuk mempersiapkan sistem ini sehingga dapat diberlakukan, dilaksanakan berbagai jenis pelatihan yaitu:
  1. Pelatihan kompetensi Simulasi Digital
Pelatihan yang bertujuan untuk menguasai kompetensi teknis Simulasi Digital ini, dapat dilaksanakan secara utuh (lima bagian) atau dikombinasikan (beberapa kompetensi) atau dilaksanakan setiap bagian dari subkompetensi Simulasi Digital:
  • Komunikasi Daring
  • Kelas Maya
  • Presentasi Video
  • Simulasi Visual
  • Buku Digital
2.  Pelatihan Instruktur
Pelatihan instruktur adalah pelatihan yang ditujukan untuk menyiapkan pengajar teknis (instruktur) Simulasi Digital. Untuk mengikuti pelatihan instruktur, peserta diharuskan untuk menguasai kompetensi Simulasi Digital. Dalam pelatihan instruktur, peserta akan mempelajari strategi pelatihan Simulasi Digital dan menyempurnakan hasil karya yang akan digunakan sebagai referensi/contoh produk untuk pelatihan Simulasi Digital.
3.  Pelatihan Guru
Pelatihan guru yang dimaksud dalam Simulasi Digital adalah pelatihan calon guru mata pelajaran Simulasi Digital yang akan diterapkan sebagai salah satu mata pelajaran sebagai dasar kompetensi kejuruan di semua program keahlian. Untuk mengikuti pelatihan guru, peserta diharuskan untuk menguasai kompetensi Simulasi Digital. Dalam pelatihan guru, peserta akan mempelajari strategi pembelajaran dan menyempurnakan hasil karya sesuai dengan program keahlian.
4.  Pelatihan Master Teacher
Pelatihan master teacher adalah pelatihan yang ditujukan untuk menyiapkan pengajar guru. Untuk mengikuti pelatihan ini, peserta harus memiliki sertifikat kualifikasi guru. Dalam pelatihan ini, peserta akan mempelajari strategi pelatihan guru.
5.  Pelatihan Asesor
Pelatihan asesor adalah pelatihan yang ditujukan untuk menyiapkan penguji dalam sertifikasi instruktur, sertifikasi kualifikasi guru, maupun sertifikasi master teacher. Untuk mengikuti pelatihan ini, peserta harus menjadi master teacher. Dalam pelatihan ini, peserta akan mempelajari strategi pengujian untuk instruktur, guru, maupun master teacher.
Pelaksanaan Pelatihan Tersistem
Sesuai penjelasan di atas, maka pelatihan tersistem terdiri atas:
  1. Pelatihan dalam bentuk tatap muka (50 jam)
  2. Pelatihan daring
  3. Praktik mandiri yang dilaksanakan selama pelatihan tatap muka dan selama pelatihan daring
Berikut ini adalah gambar skema sertifikasi Simdig
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih Sudah Berkunjung....

Pengunjung

Ceritannya Kalender

Night Diamond Bloody Red Background
Contoh banner 1
MURID SMKN5. Powered by Blogger.

Postingan Kami Yg lalu

Silahkan Di share blog kami, comeback angain !!!

×

Powered By Blogger Widget and Get This Widget